celotehjul2julia

Resensi Film 5Cm

Posted on: December 19, 2012

5cmPada suatu ketika… di Tahun 2005 (tepatnya 13 Juli 2005) saya pernah menulis ini di sebuah mailing list komunitas fans-nya PADI Band (Sobat Padi) :

Ga’ sengaja, kira-kira 1 or 2 bulan lalu pas jalan-jalan ke Toko Buku Gunung Agung. Gw lihat di bagian kumpulan buku-buku Fiksi/Novel, ada sebuah buku -tampilannya sih ga menarik banget, warna hitam nyaris polos, dengan judul tulisan 5cm putih kecil- iseng-iseng gw baca resensinya. Lumayan bikin gw tertarik, dan tadinya gw niat beli nanti aja di pameran buku biar dapat diskon kan lumayan ;-) tapi kok kefikiran terus pengen cepet-cepet baca, akhirnya beberapa hari kemudian gw balik lagi buat beli tuh buku ;-)

Buku itu sekarang udah habis gw baca, ternyata bagus banget. Mungkin karena isinya deket banget dengan kehidupan yang pernah gw alami (bahkan beberapa nyaris sama!), disajikan dengan gaya bahasa yang tidak membosankan-cenderung kocak malah, trus juga banyak kutipan lagu-lagu bagus dengan kata-kata indah. Dan yang pasti, setelah baca buku ini ga lewat begitu saja yang tidak hanya sekedar cerita. Banyak pelajaran yang bisa gw ambil, tentang arti persahabatan, tentang arti hidup, dan juga tentang arti CINTA ;-) dahsyat ga’ tuh?! Komplit. Ending-nya juga ga gampang ketebak loh…

Yang paling gw suka, karena di buku ini ada PADI-nya. Riani (salah 1 tokohnya) suka banget tuh ma PADI, jadi kalo mereka lagu ngumpul setidaknya beberapa kali lagu Padi berkumandang ;-) diantaranya gw tandain nih:

Halaman 228 :

Ketika mereka beristirahat sejenak di ranu (danau) Pane,untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju puncak mahameru. Ngobrol-ngobrol diluar sambil menatap langit malam. “ Arial (yang suka bawa MP3 Player) mengotak-atik MP3-nya, Select…Speaker…Speaker select…Open File…Songs…Indonesia Indah…Padi…Song 7…Selected..Play… (Daaan…berkumandanglah lagu “Mahadewi). Mahadewi mengalun lembut diantara hamparan langit mahasempurna diatas mereka. Mereka terpesona, mengingat filosofi yang pernah diceritakan Piyu tentang Mahadewi, yang bukan sekedar lagu cinta antara seorang laki-laki dan wanita, tapi mahadewi bisa berarti banyak, bisa berarti cinta seorang ibu pada anaknya dan banyak lagi. Genta tertegun menatap lagit, badannya pun merendah bertumpu pada dengkulnya. Genta mencongkel tanah merah dan mendekatkan ke penciumannya, tanah merah itu memberikan bau tanah merah yang lembap yang khas. Genta melihat kedepan, permukaan ranu pane tampak berkilap cahaya kecil bintang-bintang yang memantul dipermukaannya. Genta biarkan matanya terpejam menikmati penciumannya, membiarkan angin dingin malam Ranu Pane, menyatu ketubuhnya. Perlahan Genta membuka matanya, membuka genggamannya, melihat tanah merah di genggamannya yang menyisakan kotor ditelapaknya, Genta menarik napas panjang dan membatin, ‘Salah satu Mahadewi bisa juga berarti tanah ini. Salah satu ibu itu…tanah ini…’.”

Halaman 261 :

Ketika mereka berstirahat sejenak di pinggir Ranu Kumbolo, mereka tebak-tebakan lagu. Riani menyayikan salah satu lagu: “Tautan waktu terus berjalan, iringi langkah kita bersama, mendewasakan semua rasa perasaan jiwa,tak akan mungkin mengingkari melawan arti cinta,perlahan kita mulai belajar melaraskan batin menyatukan ruang tingkap pengertian tak pernah ku merasakan penat menjadi beban meski peluh mengalir dan meski terluka…”

“Gilee…,” Zafran langsung bangun dari selonjorannya. “Keren tuh.”

“Siapa ya?”

“Lagi,lagi…”

“Nggak mau,” Riani menggelang.

“Lagi..please,” Zafran memelas-melaskan wajahnya.

“Menyingsingkan cinta dalam deras kehidupan, naif terlahir kewajaran kodrati lepaskan semua.”

“Keren…”

“Gue tau.”

“Gue juga tau.”

Semuanya spontan bersenandung .

“Demi cinta bersandinglah…dalam sisi hidupku ini…demi cinta berjanjilah…melangkah kita bersama…”

“Piyu dan Fadly, Demi Cinta, Padi.” Dinda berteriak keras

“Sumpah keren banget liriknya..Demi cinta.”

Pucuk cemara di kejauhan bergoyang sekenanya mengangguk-angguk bercengkrama dengan awan putih dan langit biru. Semuanya akan setuju dengan kata-kata Demi Cinta.

***

Dan kini…setelah 7 tahun nyaris lewat, Buku ‘5Cm” itu akhirnya di Film-kan! Dengan rumah produksi Soraya Intercine Film, Sutradara : Rizal Mantovani.  Tepatnya rilis di bioskop di tanggal cantik 12-12-12. And you know what…nyaris saya LUPA detail ceritanya. Hahahaaaa…! *Harap maklumlah faktor “U” :) Secara garis besar sih masih ingat. Namun justru karena LUPA detail ceritanya itulah yang membuat menarik, ending cerita film-nya tidak ketebak.

Kalau mengharapkan semua isi buku ada di film ini, jelas-jelas ga’ bakalan bisa terwujud. Tapi menurut saya, Film itu sudah merangkum apa yang ada di dalam buku dengan baik. Kebetulan saya mengikuti perkembangan berita dari mulai pemilihan cast, shooting film, sampai film ini rilis ke layar bioskop tanah air (soalnya ngikutin twitter-nya si penulis @Donny5cm).

Ketika cast satu per satu mulai dimunculkan namanya ke publik, terus terang saya kurang begitu antusias. WOW…semuanya punya “nama”. Ganteng-ganteng, cantik-cantik… apa bisa ya mereka mempresentasikan tokoh-tokoh yang ada di buku? Itu pertanyaan awal yang ada. Mudah-mudahan mereka dipilih bukan karena penampilannya saja. Fedi Nuril sebagai Genta, Raline Shah sebagai Riani, Herjunot Ali sebagai Zafran, Denny Sumargo sebagai Arial, dan Igor Saykoji sebagai Ian.

Namun ketika si penulis Donny waktu itu bilang kalau film ini benar-benar akan shooting di Mahameru, itu suatu hal yang sangat dahsyat! Siapa sih yang ga’ tahu Mahameru, banyak yang bilang medan-nya sangat sulit (soalnya saya belum kesampaian naik kesana, makanya pakai kata “katanya”. Hiks…) dan puncak Gunung Semeru ini juga yang pernah merenggut aktifis ternama Soe Hok Gie pada pendakian 18 Desember 1969 karena menghirup asap beracun gunung tersebut.

Banyak kenangan shooting yang tidak akan dilupakan para cast film 5cm berikut Crew, dan juga penulis buku. Suhu yang sangat dingin, medan yang sulit, merupakan beberapa kesulitan yang mereka hadapi. Ketika talk show yang diadakan di Book Fair 2012 di Istora, Fedi dan Raline mewakili para cast mengatakan bahwa kalau ingin melihat penampilan mereka dengan kondisi terburuk adalah di waktu shooting 5cm tersebut :) mandi ga jelas, trus saking dinginnya ingus keluar meleleh juga ga berasa. Hihi…. Belum lagi cerita seru ketika Fedi harus memberikan nafas buatan buat Igo (Ian). Kocaaaaak :) Totalitas Igor Saykoji dalam menjalani perannya sebagai Ian juga bikin merinding, dimana dia (seperti yang kita tahu, berbobot paling berat diantara yang lainnya) berhasil mencapai Mahameru meski dengan jangka waktu lebih lama dibanding teman-temannya. Merupakan hal yang bagi saya sungguh sangat luar biasa!

Secara keseluruhan, Film ini saya kasih rating 9 dari 10.  Semua cast saya lihat tampil maksimal dan memang PAS pemilihan karakter-nya. GENTA yang diceritakan paling mandiri, diperankan apik oleh Fedi Nuril (tapi tidak seperti di Novel, Genta di-film tidak berkaca mata). RIANI yang diceritakan “bintang”nya di gank 5 sekawan ini: paling cantik (yaiyalah…dia kan cewek sendiri), wanita karier, dan suka kuah Indomie! Hihi….diperankan baik oleh Raline Shah yang awalnya mengaku kesulitan berlogat Jakarta (karena dia yang asal Medan, mengaku logatnya dulu masih Melayu banget). ZAFRAN  yang puitis diperankan sangat Pas oleh Herjunot Ali. ARIAL yang cocok banget diperankan Denny Sumargo yang memang kesehariannya benar olahragawan (pebasket), dan ini nih yang menurut saya paling bikin Film ini seru : tokoh IAN yang diperankan sangat baik oleh Igor Saykoji :)

Namun nih…seperti yang dibilang di atas kalau film ini tidak sampai mencapai nila 10, karena film ini masih ada sedikit kekurangan. Terutama untuk pengambilan gambar saat mencapai Mahameru. Ini hasil diskusi dengan teman-teman yang waktu itu nontong bareng “Sahabat 5Cm” juga sih… Kenapa pas mendaki itu fokus banget sama 5 sahabat (plus Dinda adiknya Arial) itu. Selain mereka, pas pendakian tidak terlihat ada pendaki lain (kecuali di awal pendakian, itupun hanya 1 or dua pendaki?) dan ketika Dinda sama Ian jatuh merosot kok tidak ada pendaki lain yang care?. Sementara pas di puncak, tiba-tiba saja banyak banget pendaki yang merayakan upacara pengibaran bendera karena bertepatan dengan 17 Agustus hari kemerdekaan.

Oke lah…itu hanya sebagian sisi kekurangannya saja. Secara keseluruhan, film Indonesia ini saya acungin JEMPOL! Meski lagu PADI-nya sama sekali tidak muncul (Padahal awalnya ngarep banget PADI ngisi soundtrack film ini. Pas Film-nya diangkat ke layar lebar, keburu vakum deh band-nya…) Bisa membuat saya menangis haru, juga tertawa kocak karena melihat tingkah lucu pemainnya. Dan ini yang paling penting, bangga menjadi bangsa INDONESIA, punya alam yang sangat indah (Semerunya sangat indah sekali di visualisasikan, bikin tambah pengen muncak kesana). Terharuuuuu banget waktu adegan di puncak pas saat pengibaran bendera. Oh ya, satu lagi yang bikin nangis adalah saat  adegan ke-5 sahabat ini mau pisahan sejenak dan waktu berdo’a di tugu peringatan kematian Soe Hok Gie. Kalo scene lucu-nya sih ga bisa dihitung, karena hampir tiap saat saya ketawa lihat tingkah kocak mereka :)

Cerita Fim:Tentang persahabatan antara Genta, Arial,Riani,Zafan, dan Dinda. Mereka memutuskan untuk berhenti bertemu selama 3 bulan, untuk kemudian bertemu kembali pada waktu dan tempat yang akan ditentukan. Banyak yang terjadi selama masa 3 bulan mereka tidak bertemu. Genta yang sibuk dengan pekerjaannya. Riani yang memendam rindu pada “salah satu” temannya karena menjadi pengagum rahasia. Arial yang akhirnya berhasil nembak cewek. Zafran sang pujangga yang tetap getol nge-gebet Dinda adiknya Arial. Dan Ian yang akhirnya kelar juga menyusun skripsi-nya.Namun cerita sesungguhnya baru berawal ketika mereka bertemu di suatu tempat untuk melakukan perjalanan menuju puncak semeru: MAHAMERU!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2012
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Twitter Updates

  • Iye bebas Visa sih...tapi tiket ke Jepang kalo ga promo jg mahal. Pluuus biaya hidup disana jg takai alias mahal :) *mikir2lagideh 17 hours ago
  • Kita akan merindukan seseorang ketika orang tersebut sudah benar-benar tidak ada di samping kita #quotes 18 hours ago
  • Horeeeee....nemu di Youtube! #postmantoheaven 20 hours ago
  • RT @detiksport: Indonesia dapat satu medali emas lagi! Maria Natalia Londa jadi yang terbaik di cabang lompat jauh. Selamaaat :) 1 day ago
  • Eduun ya itu suporter China banyak banget! Yaiyalah... Secara kontingennya jg banyak :) 1 day ago

Blog Stats

  • 19,408 hits
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: