celotehjul2julia

Hati-hati, Suka Bohong Juga Termasuk Sakit Jiwa

Posted on: December 15, 2010

BOHONG, selama ini udah dianggap lumrah. Tapi pernah mikir ga, kalau bohong itu ternyata bisa juga merupakan bagian dari penyakit jiwa. Awalnya,saya juga tidak berfikir sampai kesitu. Tapi pernah beberapa kali ngadepin orang seperti itu, akhirnya mikir: “Apa bener bohong itu emang hal biasa? Tapi kok ada yang parah banget ya..bahkan ada yang ga’ nyadar kalau dia itu udah bohong.

Pernah lihat di suatu reality show yang disitu juga ada psikolog-nya, padahal udah ke-gap, tapi tetep saja dia tidak mengaku dan tidak merasa bersalah. Malahan ujung-ujungna menyalahkan orang lain. Tapi sepertinya di jaman sekarang yang kayak begitu bukan cuma di reality show. Beberapa kejadian yang sering kita lihat dari beritanya di televisi, banyak yang kelakuannya seperti itu. Bahkan ada yang bersumpah atas nama Tuhan-nya demi menguatkan alibinya. Tapi jika ada 2 orang yang berkata bertentangan dalam suatu kejadian yg sama,  salah satunya dipastikan BOHONG. Serba salah juga kalau menghadapi tipe orang seperti ini.

Trus, sebenernya apa sih namanya penyakit jiwa tukang bohong itu? Dari hasil browsing sana-sini, menemukan artikel dr psikolog yang mengatakan kalau orang seperti itu namanya: MYTHOMANIA (Pembohong Patologis). Menurut Wikipedia, mythomaniac adalah orang yang memiliki perilaku yang terbiasa atau selalu terdorong untuk berbohong. Definisi lengkapnya: “Pathological lying is falsification entirely disproportionate to any discernible end in view, may be extensive and very complicated, and may manifest over a period of years or even a lifetime.”

Ciri-ciri pembohong patologis seperti dibawah ini :

1. Suka membesar besarkan sesuatu

2. Selalu menimpali bahwa dirinya lebih baik dari apapun yang kita ceritakan

3. Menciptakan realitas sendiri untuk dirinya

4. Karena mereka tidak menghargai kejujuran, mereka juga tidak menghargai kepercayaan

5. Bisa jadi seorang hypochondriac juga yaitu orang yang selalu merasa sakit ingin diperhatikan

6. Sering kontradiktif dengan pernyataan sebelumnya => tidak konsisten

7. Bisa berbohong hanya untuk suatu hal sepele

8. Selalu membesar besarkan setiap kalimat

9. Bisa merubah rubah cerita setiap saat.

10. Sangat defensif ketika dipertanyakan pernyataanya

11. Sangat percaya apa yang dikatakannya benar padahal jelas tidak benar buat orang lain

12. Berbohong ketika sebenarnya sangat mudah untuk menceritakan kebenaran

13. Berbohong untuk mendapat simpati dan terlihat baik

14. Selalu mendapat nilai baik pada pandangan pertama tapi selanjutnya tidak dapat dipercaya

15. Memiliki gangguan kepribadian

16. Jago memanipulasi

17. Ketahuan bohong berkali kali

18. Tidak pernah mengakui kebohongan

19. Menganggap dirinya legenda

Pembohong patologis “fisiknya” tidak normal. Susunan otaknya lebih kompleks karena memiliki nerve fibres lebih banyak, dimana semuanya saling menyambung lebih rumit. Orang-orang Seperti ini, konon sebetulnya butuh psikologis/psikiater buat menyembuhkannya. Tapi…ya itu dia, susah, karena mereka sendiri kadang tidak sadar kalau udah punya kelinan jiwa. KASIHAN yaa…

Akhirul kata:  “Sekecil apapun perbuatan di dunia pasti ada balasannya. Tidak di dunia, kelak di akhirat. Semoga kita termasuk orang-orang yang bersabar ketika berhadapan dengan orang-orang seperti ini, karena orang sabar akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Aamiin…

(Dari berbagai sumber)

5 Responses to "Hati-hati, Suka Bohong Juga Termasuk Sakit Jiwa"

setuju,,,,karena saya merasa dibohongi oleh teman kerja saya sendiri,,,,
jelas2 dia uda terbukti salah,,tetep aja memutar balikkan fakta,,
Ampuni dosanya saja laH,,karena suatu saat Karma itu pasti datang,,,amiennn

@Annisa; Biar Tuhan yg membalasnya🙂

persis dah kayak bos ku, hahahaa…

@mukarrom: Siapa tuh Bos-nya? :-p

Ini c ciri mantanku bgt!! Smw ciri ada di dy! Setiap saat selalu berdusta..bs2nya dy memutar balik fakta blg w skt jiwa..pdhl yg skt jiwa justru is pembihong no 1..nauzubilah..dunia mau kiamat!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2010
M T W T F S S
    Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Twitter Updates

Blog Stats

  • 28,874 hits
%d bloggers like this: