celotehjul2julia

Resensi Film: Dalam Mihrab Cinta

Posted on: January 4, 2011

Pernah baca Novel-nya Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik) yang berjudul “Dalam Mihrab Cinta”? . Buku terbitan Republika dan Pesantren Basmala ini terdiri dari 3 kumpulan cerita yang tidak saling berhubungan,yaitu: Takbir Cinta Zahrana, Dalam Mihrab Cinta, dan Mahkota Cinta. Nah.. Cerita yang. berjudul “Dalam Mihrab Cinta” inilah yang di kemudian hari dibuat menjadi sebuah film oleh Sinemart, yang disutradarai sendiri oleh Kang Abik.

Pada hari Sabtu, 18 Des 2010 lalu, saya ikut datang ke acara-nya Remaja Mesjid Islam Sunda Kelapa (RISKA) yang mengadakan Talkshow film ini yang dihadiri oleh Kang Abik, juga para pemeran utama di film ini yaitu Asmirandah (yang berperan sebagai Sylvie) dan Dude Herlino (berperan sebagai Syamsul Hadi).  Kang Abik mengungkapkan,bahwa film ini jika dibandingkan dengan novel-nya sedikit berbeda. Di film, disisipkan tokoh yang bernama Zizi, adik dr pemilik pesantren dimana Syamsul Hadi mondok.

Oh ya, buat yang belum membaca ceritanya. Secara singkat ceritanya begini:
Syamsul Hadi, anak seorang juragan batik di Pekalongan, mondok di sebuah pesantren di Kediri, Jawa Timur. Berbeda dengan santri-santri lainnya, si Syamsul ini agak “gaul” dengan tatanan rambutnya yang gondrong. Sampai suatu ketika, dia di fitnah oleh temannya sendiri yang bernama Burhan. Dimana Syamsul dituduh menjadi seorang pencuri, rambutnya digunduli, dan akhirnya dikeluarkan dari pesantren. Bahkan keluarganya sendiri, tidak percaya kalau dia bukan seorang pencuri. Hanya adiknya yang sedikit meragukan, dan ikut menguatkan Syamsul dalam keterpurukannya.

Merasa tidak dipercaya, Syamsul pergi dari rumahnya di Pekalongan ke Semarang. Dikarenakan terdesak oleh kebutuhan, disana dia akhirnya mencopet. Namun naas, operasinya di sebuah bus gagal, dan dia dihakimi massa, untuk kemudian dijebloskan ke penjara. Nadia yang tidak percaya dengan berita di koran,menemui kakaknya di penjara. Sungguh sangat terpukul, ketika Nadya menyaksikan dengan mata kepala sendiri kalau yang ada di penjara adalah kakaknya. Namun akhirnya dia mau menebus kakanya untuk dikeluarkan dari penjara. Namun Syamsul tidak mau pulang ke Pekalongan, malah memilih untuk berpetualang ke Jakarta.

Di Jakarta dia berusaha mencari pekerjaan, namun tidak berhasil. Dengan “ilmu” yang didapat dari teman-temannya di penjara, Syamsul kembali menjadi pencopet, dan sukses. Sampai suatu ketika dia mencopet sebuah dompet seorang wanita dan didalamnya terdapat sebuah foto perempuan bersama Burhan yang dulu pernah memfitnah-nya di penjara. Dan Syamsul tahu,kalau perempuan tersebut bukan tunangan Syamsul waktu di pesantren yg nernama Dalmayanti. Anak seorang kepala KUA di Tulungagung.

Demi membalas perlakuan Burhan terhadapnya, dan juga agar perempuan tersebut tidak terpedaya oleh Burhan. Syamsul berniat untuk mengetahui kebedaan gadis itu, berbekal alamat di dompet yang ia curi. Nasib berpihak kepadanya, ketika dia mencari alamat Sylvie, ada tetangga di kompleks tersebut yang sedang mencari guru ngaji. Sambil menyelam minum air, begitulah mungkin yang dilakukan Syamsul. Sambil menjadi guru mengaji, dia mencari tahu tentang Sylvie. Apalagi, Sylvie ternyata juga menjadi guru les matematika-nya Della (anak kecil dimana Syamsul mengajar). Namun, dengan dibukanya jalan dia menjadi guru ngaji, lambat laun dia menjadi sadar dan bertaubat. Semua dompet yang ia curi pun dikembalikan, bahkan untuk Sylvie dia kasih lebih 50rb :-)

Sampai pada suatu kesempatan, Syamsul berhasil mendekati Pa Heru (Bapaknya Sylvie) dan membeberkan segalanya tentang Burhan. Ternyata Burhan selama ini memang sudah mengikat Sylvie dengan cincinnya, dan malah pernah meminjam uang kepada keluarga Sylvie sebesar 40juta yang dia bilang untuk modal usaha membuat toko buku. Padahal, selama ini Syamsul mengetahui kalau Burhan akan bertunangan dengan Dalmayanti. Setelah menemui keluarga Dalmayanti,  diketahui ternyata Burhan telah dikeluarkan dari pesantren karena diketahui telah mencuri dan menganiaya pengurus pesantren yg akan menangkapnya.

Bagaimana kelanjutan cerita ini? Kayaknya ga seru ya kalau diceritain semua disni :) Bagaimana nasib Syamsul yang akhirnya menjadi da’i terkenal yang dikontrak Tv, apakah dia akan diterima kembali oleh keluarganya? Dan bagaimana juga nasib Burhan dengan Sylvie setelah semua kelakuan Burhan terungkap?

Yang jelas, ending cerita versi buku yang saya baca dan versi Film-nya beda. Kalau saya boleh sedikit mengkritik film ini, saya kurang begitu suka dengan akting beberapa pemainnya. Boleh dibilang terlalu Lebay. Hehe… Ada adegan dimana harusnya sedih, malah membuat bikin penonton tertawa. Alur-nya juga kurang begitu menggigit, ada teman yang komentar katanya “Sinetron banget”. Ternyata, banyak pemain terkenal di film itu tidak serta menjamin film ini menjadi menarik buat saya.

Namun, setidaknya bisa menjadi salah satu alternatif pilihan tontonan film religi. Ditengah maraknya pemutaran film komedi esek-esek dan film hantu gajebo di bioskop tanah air *sigh. Dan satu lagi: Saya suka banget sama lagu soundtrack-nya yang dibawakan Afgan “Dalam Mihrab Cinta”. Membuat saya termehek-mehek *as usually….. :’(

P.S

Belakangan saya ketahui kalau Kang Abik mengeluarkan Novel “Dalam Mihrab Cinta” Versi Romance. Saya belum baca, tapi baca sekilas,kayaknya buku ini yangceritanya dijadikan versi film-nya.

2 Responses to "Resensi Film: Dalam Mihrab Cinta"

THanks gan… ne yang ane carii

@Ezar: Sama-sama Gan :) makasih sudah mampir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

January 2011
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Blog Stats

  • 16,902 hits
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: