celotehjul2julia

Resensi Album Padi : The Singles

Posted on: October 19, 2011

Dengan mengucapkan Puji Syukur ke Hadirat Illahi Rabbi, akhirnya album Padi keluar juga! Alhamdulillah yah…Sesuatu🙂

Meski ini bukan Album yang benar-benar baru semua lagunya, namun sepertinya cukup menjadi pengobat rindu untuk Sobatpadi yang selama ini dengan sabar menanti keluarnya album baru Padi. FYI saja, Padi terakhir mengeluarkan album pada tahun 2007! *Wooow…sudah 4 tahun ya!

Judul album yang baru di rilis tanggal 18 Oktober 2011 lalu (menurut pihak Sony Music, meski pada kenyataannya ditemukan di toko musik baru keesokan harinya) diberi judul “The Singles”. Entah apa yang menjadi pertimbangan mereka untuk memberikan nama “The Singles”, karena setelah saya melihat materi di album tersebut lebih layak rasanya di beri judul album “The Best PadI” saja . Meski disitu ada 2 lagu Single yang belum ada albumnya : “Terbakar Cemburu” dan “Tempat Terakhir” plus lagu lama “26 Desember” yang masuk di kompilasi album Kita Untuk Mereka,2005 (Album yang diperuntukkan untuk para korban Tsunami di Aceh) dan “Work of Heaven” yang masuk ke dalam album kompilasi World Cup 2002 yang khusus diedarkan di Indonesia, selebihnya lagu yang ada di album “The Singles” ini adalah lagu-lagu lama yang ada di album 1 sampai dengan 5 yang sudah beredar sebelumnya.

Album “The Singles” Padi ini terdiri dari 2 CD, tiap CD memuat 14 lagu, Total berjumlah 28 lagu. Dipatok dengan harga Rp 60.000,-. Dengan cover album mirip album ke-2 Padi “Sesuatu Yang Tertunda”, hanya saja gambar Jam diganti Jendela plus tambahan Kelinci. Kenapa Kelinci? Hanya berasumsi saja, sekedar flashback, dulu waktu pembuatan Klip “Rencana Besar” mas Piyu pernah bercerita tentang hewan yang bernama “Kelinci” ini. Di video klip tersebut ada seekor kelinci ditampilkan. Tema dari video klip Rencana Besar itu diambil dari mimpi mas Piyu, dimana seolah-olah sedang menonton konser Guns and Roses bercampur dengan gambaran seekor kelinci dan sebuah sofa putih berada diatas karpet merah. Mimpi tersebutlah yang akhirnya menginspirasi Piyu untuk menulis lagu Rencana Besar ini (sumber: http://www.sobatpadi.net).

Untuk materi lagu lama, mungkin ga usah dibahas kali ya… Saya disini akan membahas 2 materi lagu baru yang ada di “The Singles” ini.

Pertama, Lagu “Terbakar Cemburu”. Single ini sudah lama keluar, tepatnya 18 Januari 2010 mulai diperdengarkan di radio-radio. Cukup unik jika melihat perkembangan lagu ini diperdengarkan ke khalayak. Ada dua versi yang beredar. Untuk yang Full version, ada lirik ditambahkan

Betapa bodohnya diriku yang tak mencibta dan menjaga hatimu dengan sepenuh jiwa. Bahwasanyaselama ini aku tak menyadari dirimu adalah milik teristimewaku ♫”

Dan ketika keluar lagi album “The Singles”, lirik yag keluar berbeda lagi. Ada bait yang terpotong:

kuakui ternyataaaa…sakitnya membakar hati. Sudah membuatmu pergi,kini hanya tinggalkan Luka. Aah..Aaah..Aaaaaaaaaaaah

Next, Lagu “Tempat Terakhir”. Mulai diperdengarkan di radio sekitar sekitar bulan Januari 2011. Lagu ciptaan Yoyo dan Fadly ini, telah dibuatkan klip animasi-nya. Sungguh sangat mengherankan sebenarnya, meski tidak dilakukan promo (karena Padi –sangat disyangkan- memutuskan untuk vakum sementara), namun lagu ini ternyata sangat di gemari dan banyak di request. Terbukti di beberapa radio dan televisi sempat masuk di tangga lagu favorit.

4 Tahun penantian Sobatpadi, di jawab dengan dikeluarkannya album ini. Meski banyak yang kecewa (termasuk saya) namun kehadiran album “The Singles” ini cukup membuat kami kembali bisa berharap: Semoga ini bisa menjadi jembatan kehadiran Padi dengan album selanjutnya. Aamiin…

So, buat Sobatpadi yang mengaku kangen sama lagu Padi. Silahkan cari albumnya di toko-toko musik terdekat di kota anda. Sekali lagi, meski ini bukan album dengan FULL lagu baru, namun setidaknya kalian tidak perlu ganti-ganti CD lagi (atau kaset) untuk mendengarkan lagu-lagu Favorit Padi kalian, karena yang masuk di album “The Singles” ini adalah lagu-lagu terpilih yang juara di jaman-nya :)  Mungkin malah ada yang album lamanya PadI sudah kececer entah disimpan dimana? Maka album The Singles ini patut menjadi pilihan untuk dibeli. Atau dulu waktu single “Work of Heaven” dan “26 Desember” belum sempat beli albumnya, di sini kalian bisa menemukan lagu tersebut. Meski terkesan album  “stengah hati” dengan tidak dimasukannya lagu “Saksi Gitar Tua” (Tribute to Ian Antono,2004), “Doaku” (Album rohani Family Songs Hadad Alwi ,2003) juga “Sahabat Selamanya”  (OST.Upin dan Ipin) ke dalam “The Singles” ini, karena ketiga-nya termasuk lagu yang pernah di populerkan Padi juga . Namun album ini patut untuk di koleksi, saya yakin mereka mungkin ada pertimbangan lain. Makanya, beli Aslinya jangan yang bajakan yaaaaaa😉 *iklan.

Buat yang belum punya album Padi lengkap, jangan khawatir. Meski di sini banyak kumpulan lagu lama, namun semua ada liriknya! Buat yang belum hafal lagu lama, mungkin baru mengenal Padi sekarang? Silahkan bisa ikut berkaraoke-an dengan melihat liriknya 😉

Penasaran dengan Track yang ada di “The Singles” ? ini list-nya :

DISC 1 :

Terbakar Cemburu (Single 2009)

Tempat Terakhir (Single 2010)

Sesuatu Yang Indah (Album 2, Sesuatu Yang Tertunda)

Kasih Tak Sampai (Album 2, Sesuatu Yang Tertunda)

Begitu Indah (Album 1, Lain Dunia)

Harmony (Album 5,Tak Hanya Diam)

Semua Tak Sama (Album 2, Sesuatu Yang Tertunda)

Mahadewi (Album 1, lain Dunia)

Ternyata Cinta (Album 4, Padi)

Belum Terlambat (Album 5,Tak Hanya Diam)

Tak Hanya Diam (Album 4, Padi)

Patah (Album 3, Save My Soul)

Sang Penghibur (Album 5,Tak Hanya Diam)

26 Desember (Kita Untuk Mereka)

DISC 2

Sobat (Album 1, lain Dunia)

Seandainya Bisa Memilih (Album 2, Sesuatu Yang Tertunda)

Siapa Gerangan Dirinya (Album 4, Padi)

Hitam (Album 3, Save My Soul)

Jangan Datang Malam Ini (Album 5,Tak Hanya Diam)

Work Of Heaven (FIFA World Cup,2002)

Bidadari (Album 1, lain Dunia)

Seperti Kekasihku (Album 1, lain Dunia)

Bayangkanlah (Album 2, Sesuatu Yang Tertunda)

Rencana Besar (Album 5,Tak Hanya Diam)

Sesuatu Yang Tertunda (Album 3, Save My Soul)

Rapuh (Album 3, Save My Soul)

Menanti Sebuah Jawaban (Album 4, Padi)

Sudahlah (Album 1, lain Dunia)

11 Responses to "Resensi Album Padi : The Singles"

TE O PE BE GE TE!!
Julia for Menteri Pertanian!!
( Biar kita bisa swasembada PadI )

#JUSAN#

TE O PE BE GE TE!!
Julia for Menteri Pertanian!!
( Biar kita bisa swasembada PadI )

Saya juga kecewa mbak, kenapa ga ada sales official SonyBMG dateng ke rumah saya bawa CD nya.. *). Belum beli deh jadinya

minus Terluka & Jika Engkau Bersedih ya…
tapi PadI tetap konsisten dgn album di tahun ganjil nih (walo 2009 nggak ngeluarin album) (:
http://id.wikipedia.org/wiki/The_Singles

@mas Jusan : Halaaaaaaaaaaah….. kok Menteri Pertanian :-p
@Arya : Hahahaaa…beli online aja mas Bro. di D*sct*rr*🙂
@Ayah Hasna : Eh, iya ya.. baru nyadar Tahun Ganjil. Brarti Kalo nunggu album baru lagi, 2 tahu lagi? Haaaaaaaaaa…. *pingsan!

Ada apa dibalik peluncuran Album The Single? Itu pertanyaan yang muncul saat ngobrol bareng Cak Silo sebelum acara Kenduri Cinta di Taman Ismail Marzuki.

Semoga bukan hanya untuk meredakan kasak-kusuk “kasus yang itu”. Dan semoga bukan sekadar album yang asal-asalan -kalau disimak dari review Teh Julia-.

Salam Cahaya Mata..😀 ; )

@Adi Berat komen-nya.. Bingung mau jawab apa🙂

Untuk lagu Terbakar Cemburu Kemungkinan ada 3 versi

versi 1 : terdapat lyrick >> “♫ kuakui ternyataaaa…sakitnya membakar hati. Sudah membuatmu pergi,kini hanya tinggalkan Luka. Aah..Aaah..Aaaaaaaaaaaah ♫”

dan tidak ada lyrick >> “♫ Betapa bodohnya diriku yang tak bisa mencintai dan menjaga hatimu dengan sepenuh jiwa. Bahwasanya selama ini aku tak menyadari dirimu adalah milik teristimewaku ♫”

versi 2 : dalam album “The Singles” kebalikannya dari versi 1

versi 3 : Terdapat kedua lyrick tersebut (kemungkinan)

Dr kedua versi ini saya memiliki, tp untuk benar2 full version (versi 3),, masih bertanya2 kemungkinan ada atau tidaknya…

Dr informasi yg didapat, ‘The singles’ ini adalah ‘edisi 1’ hanya 3000 keping, kemungkinan lagu yg disebutkan diatas dan tidak ada di edisi ini akan ada di edisi 2..

cek this out >> http://lockerz.com/s/148863589

mbak jul ternyata yg nulis, sip mbak..teratas dlm pencarian ‘ album the single”..Mencintai padi dari hati..salam sobat selamanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2011
M T W T F S S
« Apr   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Twitter Updates

Blog Stats

  • 28,874 hits
%d bloggers like this: